Kamis, 16 Juni 2011

Angel Falls (Venezuela)

Angel Falls ( Spanyol : Salto Ángel; Pemon bahasa : Kerepakupai vena, yang berarti “air terjun dari tempat terdalam”, atauParakupa-vena, yang berarti “jatuh dari titik tertinggi”) adalah sebuah air terjun di Venezuela .

Ini adalah tertinggi di dunia air terjun , dengan ketinggian 979 m (3212 ft) dan terjun dari 807 m (2648 ft). air terjun tetes di tepiAuyantepui gunung di Canaima Taman Nasional ( Spanyol : Parque Nacional Canaima), sebuah situs Warisan Dunia UNESCO diGran Sabana wilayah Negara Bolívar , Venezuela .

Tinggi jatuh begitu besar yang, sebelum mendapatkan di dekat tanah, banyak air menguap atau dibawa pergi sebagai denda kabutoleh angin kencang. Dasar feed jatuh ke Sungai kerep (alternatif dikenal sebagai Gauya Río), yang mengalir ke Churun ​​sungai, anak sungai dari Sungai Carrao .

Sosok ketinggian 979 m (3212 ft) sebagian besar terdiri dari terjun utama tetapi juga meliputi sekitar 400 m (0,25 mil) dari kaskade landai dan jeram di bawah drop dan 30 m (98 kaki) terjun tinggi hilir jeram talus. Sementara terjun utama tidak diragukan lagi drop tunggal tertinggi di dunia, beberapa merasa bahwa termasuk cascades rendah agak meregangkan kriteria untuk pengukuran air terjun, walaupun tidak ada standar yang diakui secara universal pengukuran air terjun.

Air terjun ini dikenal untuk sebagian besar abad kedua puluh dengan nama “Angel Falls” setelah Jimmie Angel , seorang penerbang AS yang adalah orang pertama yang terbang di atas pesawat jatuh. Nama Spanyol bersama “Salto Ángel” berasal dari bahasa Inggris. Pada tahun 2009, Presiden Hugo Chavez mengumumkan niatnya untuk mengubah nama ke pribumi Pemon istilah “Kerepakupai Meru”, yang berarti “air terjun dari tempat terdalam”, dengan alasan bahwa bangsa yang paling terkenal tengara harus dikenakan adat nama. Menjelaskan perubahan nama, Chavez dilaporkan telah berkata, “Ini adalah milik kita, jauh sebelum Angel pernah tiba di sana … ini adalah milik adat.” Namun, ia kemudian mengatakan bahwa ia tidak akan keputusan perubahan nama, tetapi hanya membela penggunaan Kerepakupai Meru.

Jatuh kadang-kadang disebut sebagai Churún-Meru, yang berarti “gemuruh air terjun”, dalam kesalahan; nama yang sama ke air terjun dalam Canaima Taman Nasional (juga pada Auyantepui, sebenarnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar